Labels

Test Footer

Home » » Hati-hati, Magnet Tertelan Bisa Lubangi Usus

Hati-hati, Magnet Tertelan Bisa Lubangi Usus

 Hati-hati, Magnet Tertelan Bisa Lubangi Usus  
Berhati-hatilah jika anak Anda menelan benda yang mengandung magnet. Hasil penelitian terbaru mengungkapkan kalau benda bermagnet yang tertelan itu berpotensi menyebabkan komplikasi yang mengancam kehidupan.

Dalam suatu survei yang dilakukan pada 2012 oleh pediatrik di Amerika Utara, dokter melaporkan 480 kasus yang serius akibat menelan benda bermagnet pada anak-anak selama 10 tahun terakhir. Sekitar 42 persen dari kasus tersebut terjadi dalam 12 bulan terakhir.

Informasi dari Public Health Agency of Canada juga menunjukkan bahwa jumlah kunjungan ke unit gawat darurat akibat kasus menelan benda bermagnet meningkat tajam di negara tersebut selama satu dekade terakhir. Data ini diungkapkan oleh peneliti di The Hospital for Sick Children (SickKids) di Toronto.

Kenaikan kasus ini terkait dengan peningkatan jumlah benda bermagnet yang tersedia--dinamakan neodymium-iron-boron--yang kadarnya 10 hingga 20 kali lebih kuat dibandingkan magnet jenis lama yang disebut ferrite magnets.

Di masa lalu, anak-anak yang menelan ferrite magnets bisa mengeluarkan benda asing tersebut tanpa mengalami luka. Namun anak-anak yang menelan magnet jenis baru yang lebih bertenaga, berisiko mengalami cedera parah karena magnet tersebut bisa menempel satu sama lain dan berkeliaran di dalam usus, ungkap para peneliti seperti dikutip situs LiveScience edisi 11 Maret 2013.

Menelan satu unit magnet neodymium biasanya tidak menjadi masalah, tetapi jika jumlahnya lebih dari satu, khususnya jika ditelan dalam waktu yang berlainan, bisa menyebabkan tarik-menarik melalui lubang di jalur gastrointestinal, kata peneliti riset Dr. Daniel Rosenfield dari SickKids. Gaya tarik ini bisa menyebabkan lubang di dalam usus.

Karena itu, untuk mengkaji bukti atas peningkatan cedera akibat magnet, Rosenfield dan rekan-rekannya juga menjelaskan kasus atas seorang anak berusia tiga tahun di rumah sakit mereka yang menelan tiga magnet neodymium kecil.

Karena anak ini terlihat baik-baik saja dan tidak mengalami nyeri, dia diperbolehkan kembali ke rumah, tidak dioperasi. Orang tuanya diminta untuk mengamati keluarnya magnet tersebut melalui fesesnya. Namun setelah dua hari, anak lelaki ini tak juga mengeluarkan magnet tersebut. Melalui operasi, para ahli menemukan bahwa magnet tersebut saling menempel melalui lubang di bagian usus bawah. Hasil riset ini dipublikasikan di Canadian Medical Association Journal.

0 komentar:

Posting Komentar

Pengikut

Flag Counter

Twitter